Rabu, 23 April 2014

Sosialisasi Situs MATAR, Oleh Balai Pelestarian Manusia Purba Sangiran

Bojonegoro, 15 April 2014

Bojonegoro merupakan kawasan yang cukup potensial dalam hal kepurbakalaan, setelah situs wotanngare, situs kawengan, situs prangi, dan beberapa tempat lainnya. Kali ini di Bojonegoro kembali di ditemukan jejak - jejak manusia purba di daerah Dusun Matar, Desa Ngelo, Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro.

Penelitian situs MATAR ini dilakukan oleh Balai Pelestarian Manusia Purba Sangiran (BPMPS), yang dikepalai oleh Prof. Truman Simanjuntak sejak tahun 2012. 

Menurut Prof. Truman, "Situs MATAR diketahui pertama kali oleh Van Koenigswald (Belanda) -pada tahun 1995 merupakan situs "perawan" karena belum ada satupun tim peneliti baik dari dalam maupun dari luar negeri yang pernah menjajaki situs ini. Namun keberadaannya yang berada dialiran sungai bengawan solo, dan berada di seberang Situs Ngandong menjadikan situs ini penemuan besar."

Bertempat di Dinas Pariwisatan dan Kebudayaan (Budpar) Bojonegoro, seminar ini diikuti oleh perwakilan Guru dan pelajar mulai dari SD sampai dengan SMA yang ada di Bojonegoro. Acara yang dimulai dari jam 07.30 WIB sampai dengan 13.00 WIB ini cukup mendapat antusias dari peserta. Banyak yang terkejut dengan ditemukannya SITUS MATAR ini, karena situs ini bertempat di Bojonegoro namun warga peserta tidak tahu menahu tentang adanya situs ini. Hal ini dikarenakan letak situs yang cukup jauh dari pusat kota dan akses jalan yang cukup "ekstrem". 

Hal ini dibenarkan oleh salah satu anggota Banyu Nggawan Bodjanegara yang nggaldak kelokasi dimana situs berada. "Situs ini sulit diakses jika melalui jalur darat, jalur tercepat untuk menutu situs ini harus menyeberang sungai dari Cepu" ujar Nunung

Lokasi Dusun Matar, Desa Ngelo, Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro

Lokasi Situs Matar

0 komentar :

Posting Komentar